Halaman

Sabtu, 13 April 2013

UN OHHH UN


Ya Rabb,,Engkau yang menggemgam segala kehidupan kami, besok adik-adik kami, saudara-saudara kami, sahabat, teman kami akan menghadapi ujian nasional. Rabb berikanlah mereka kekuatan, kesehatan, keselamatan dalam menghadapi ujian nasional ini.  Semoga mereka bisa mendapatkan nilai yang terbaik, dan bisa melanjutkan sesuai dengan harapan mereka. Jadikanlah mereka generasi penerus yang kelak akan membangun negeri ini, generasi yang takut akan Mu ya Rabb,,generasi yang selalu taat dan patuh akan perintahMu.
Adik-adiku, saudaraku, sahabat dan teman-temanku, besok kalian akan menghadapi ujian nasional. Ini bukanlah akhir segala-galanya, ini hanya sebuah tahapan yang memang harus kalian lewati. Jadi jangan jadikan ini sebuah beban tersendiri bagi kalian. Saya percaya kalian sudah melakukan yang terbaik, kalian belajar di sekolah, les di lembaga bimbingan belajar, belajar kelompok, berdoa, dll. Jangan jadikan ini sebagai suatu hal yang menurut kalian berat sekali.
Ujian nasional itu hanya sebuah fase yang perlu kalian lewati agar kalian bisa melangkah lebih. Adik-adik ku yang duduk di SD kelak akan naik ke bangku SMP, yang SMP naik ke SMA, yang duduk di bangku SMA akan memasuki masa kuliah atau akan ke dunia kerja. Ingatlah adik-adik ku semua, Percayalah bahwa ini adalah tahapan yang harus kalian lewati, ibarat mau naik gunung ada saja jalan yang terjal yang kadang harus kalian lewati. 

 

Saya tidak punya tips dan trik dalam mengahadapi ujian, karena memang saya tidak pernah menganggap bahwa ujian nasional itu segala-galanya. Mungkin karena pembawaan saya yang cukup santai hehehehe. Jadi gini, berusaha lah sebaik mungkin,,belajarlah sekuat yang kalian bisa, tidak perlu dipaksa kalau capek ya udah istirahat, nonton tivi sebentar, atau sejenak untuk menarik nafas. Baru lanjut belajar lagi,,jaga kondisi kesehatan kalian, jangan tidur larut malam, makan makanan yang cukup. Supaya saat ujian kalia bisa fit.
Jangan lupa selalu berdoa, karena menurut saya usaha yang saya lakukan itu hanya 25%,,tapi saya percaya bahwa ridho Allah lah yang paling penting,,tangan Allah lah yang bekerja pada kita. Saya selalu menganjurkan kepada adik-adik untuk selalu berdoa apapun kepercayaan kalian. Bagi yang muslim ada yang puasa, salat tahajud. Namun kalau memang ada yang berat untuk puasa, atau tidak bisa bangun malam. Salat dhuha sudah cukup, kan ada waktu tuh jam 06.30, nah ambil wudhu salat dhuha minimal 2 rakaat, tapi lebih juga tidak apa-apa.
Itulah yang saya lakukan ketika dulu menghadapi masa-masa ujian,,kemudia saat berangkat cium tangan orang tua kalian, minta ridho orang tua semoga ujian bisa lancar, karena ridha Allah itu berdasarkan ridha orang tua kalian. Ditambah dengan sedekah akan lebih baik lagi teman-teman. Mungkin kalian bisa patungan dengan teman-teman kalian untuk membantu anak yatim, kaum dhuafa dll. Percaya deh kalau tangan Allah sudah bekerja tidak ada yang bisa menghentikannya.
Setelah selesai ujian,,, banyak dari teman-teman saya ketika keluar ujian menangis sesenggukan karena tidak bisa mengerjakan, takut tidak lulus. No,,don’t do that, dulu saya juga mengalaminya, waktu itu ujian matematika menurut saya sangat sulit, dan saya tidak yakin. Tapi kemudian tangisan itu saya tumpahkan ke sajadah,,saya mengadu kepada Sang Pemilik hidup saya, bukan ke keluaraga, bukan orang tua, tapi ALLAH SWT. Saya mengadu sejadi-jadinya kepada Allah, saya luapkan tangisan di sajadah. Masih inget dulu doa saya:
Ya ALLAH saya sudah berusaha menurut yang saya bisa,,sekarang giliranmu bekerja ya allah, saya pasrahkan segala kondisi apapun yang terjadi kepada saya. Saya ikhlaskan menerima kondisi apakah itu lulus atau tidak,,karena rencanamu yang terbaik. (diiringi dengan air mata)
            Kemudian saya siap menghadapi ujian untuk hari selanjutnya,,karena saya sudah pasrahkan kepada Allah. Karena menangis pada manusia menurut saya percuma. So teman-teman ayo hadapi ujian ini dengan penuh semangat,,,Allah beserta kalian semua, minta ridha kepada bapak dan ibu ya. Semoga sukses ya teman-teman, semoga kalian bisa menjadi generasi yang membanggakan orang tua, keluarga, bangsa dan generasi yang menjadikan ALLAH SWT pegangan hidup kalian. Kejar mimpi kalian teman!!!

Tidak ada komentar: